Headlines News :
Home » » PENGERTIAN BLOG

PENGERTIAN BLOG

Written By balinuse on Sunday, November 30, 2014 | 11:42 PM


 

TUGAS
PENGERTIAN BLOG
Dosen : I Gede Dharma Nugraha, ST, MT


Oleh
WAYAN TARNA
NIM : 1309.00.1043
                                                               
SEKOLAH TINGGI ANGAMA HINDU DHARMA NUSANTARA JAKARTA
Periode 2014
Daftar Isi

                                                       



1.1     Latar Belakang

Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang teknologi informasi yang berkembang saat ini, salah satunya adalah blog atau weblog yang merupakan salah satu situs di internet.
Sumber informasi yang diminati dewasa ini adalah internet. Jaringan komputer dibelahan dunia ini mampu menyajikan informasi secara lengkap dan aktual, yang mencakup hampir seluruh aspek kehidupan.
Penggunaan jasa layanan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Manfaat internet sebagai salah satu solusi untuk mengefisienkan berbagai kepentingan telah dirasakan oleh banyak kalangan.
Dilihat dari kondisi tersebut berkembang pula teknologi internet. Salah satunya adalah blog dimana dengan blog kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar dan dapat digunakan ajang untuk berbisnis. Meskipun pada awal perkembangnnya hanya digunakan oleh instansi yang besar saja seperti lembaga pendidikan, universitas dll.

1.2     Rumusan Masalah

1.      Apakah pengertian dari blog?
2.      Bagaimanakah sejarah awal dari blog?
3.      Seperti apakah jenis-jenis blog?
4.      Bagaimanakah fungsi dari blog?
5.      Bagaimanakah manfaat dari blog?

1.3     Tujuan

1.      Mahasiswa dapat mengetahui pengertian dari blog
2.      Mahasiswa dapat mengetahui sejarah awal dari blog
3.      Mahasiswa dapat mengetahui jenis-jenis blog
4.      Mahasiswa dapat mengetahui fungsi dari blog
5.      Mahasiswa dapat mengetahui manfaat dari blog

1.4     Manfaat

1.      Bagi penulis menambah wawasan baru tentang blog dan bagian-bagian blog beserta fungsi dan manfaat dari blog.
2.      Bagi pembaca mengingat atau mengulas kembali cara membuat blog agar bermanfaat bagi semua orang terutama blog agama, khusunya agama Hindu.
3.      Menjadikan kita sebagai mahasiswa/ guru yang harus kritis dan tidak sepenuhnya percaya pada blog tanpa referensi yang jelas.





















2.1     Pengertian Blog

Blog merupakan singkatan dari "web log". Web log sendiri merupakan singkatan dari “Logging The Web”yang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Banyak orang mengartikan blog dengan bahasanya sendiri seperti menurut beberapa sumber yang telah ditemukan berikut ini:
1.      Budi Rahardjo: Blog adalah catatan berkala yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat diakses melalui web dan dapat dikelola dengan menggunakan (basis) web.
2.      Labibah Zain (Pendiri Blogger Family): Web dan log (weblog) adalah media di mana pemiliknya menuliskan catatan pengalaman pribadi, opini berupa tulisan maupun gambar yang bisa terus diperbarui dan diakses melalui internet. Pemilik weblog disebut weblogger, bebas mencurahkan pemikiran baik berupa tulisan maupun gambar di situ, melengkapi dengan desain yang diinginkan dan melengkapinya dengan fasilitas yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pemilik dan pengunjung weblog-nya.
3.      wikipedia Indonesia: Sebuah Weblog, Web log atau singkatnya Blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
4.      Definisi Blog Versi Bloggingly: Blog adalah website dengan konten (konten bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari.
5.      Definisi Blog sebagai media Jurnalisme: Blog adalah self publishing journalism, secara sederhana sebagai jurnalisme yang dipublikasikan secara mandiri, independen dan masih banyak definisi-definsi yang di utarakan oleh kalangan masyarakat lainnya.

2.2     Sejarah Blog

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada diluar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com (diakuisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu) yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sehingga Blogger.com muncul di dunia per-blog-an. Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.
Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, sex, olahraga, buku komik dan macam-macam lagi. Bahkan Blogger ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would By That?. Cameron Barret menulis pada Blog-nya essay berjudul Anatomy of a Weblog yang menerangkan tema dari Blog. “Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut.” Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasan si Blogger-nya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur, tema segila apapun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di Internet. Dan ide itu telah terpikirkan, Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog dari Blog dari Blog.

2.3     Jenis Blog

Blog memiliki beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan orang yang mengguakan blog (bloger). Adapun jens-jenis blog yang sering di gunakan oleh para bloger adalah sebagai berikut:
a.       Personal Blog: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair dan perbincangan teman.
b.      Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu
c.       Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
d.      Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
e.       Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/ traveling.
f.       Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
g.      Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
h.      Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa, biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
i.        Blog agama: Membahas tentang agama
j.        Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru maupun mahasiswa.
k.      Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok/ group tertentu.
l.        Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
m.    Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
n.      Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti hewan
o.      Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate, juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
p.      Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).

2.4     Fungsi Blog

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Berikut ini beberapa fungsi dari blog:
1.      Blog sebagai media satu arah: Bentuk ini hanya menampilkan pengalaman hidup penulis semata-mata hanya suka-suka saja, kemudian menutup ruang komentar untuk pembaca.
2.      Blog sebagai media dua arah: Bentuk ini seperti yang pertama, hanya saja dengan cara ini, mampu memberi peluang kepada pembaca untuk memberi komentar dan mengenali penulis berikutnya menjalin persahabatan melalui blog itu.
3.      Blog sebagai media berbagai arah: Bentuk ini pun hanya memiliki perbedaan tipis dengan dua bentuk diatas, jika keduanya hanya di buat dengan suka-suka, yang ini di buat dengan tujuan tertentu. Diantaranya sebagai pendidikan, promosi barang jualan dan iklan.
4.      Informasi dan Pendidikan: Blog jenis ini hanya bisa dibuat oleh penulis yang berpendidikan atau yang memiliki pengalamannya sendiri.
5.      Promosi barang: Blog jenis ini jika kita tidak mampu membuatnya kita bisa mempekerjakan orang lain, yang penting kita ada barang ataupun mendistribusikan barang orang lain yang ingin kita pasarkan.
6.      Iklan: Blog jenis ini adalah blog yang lebih mudah digunakan, kita hanya perlu mengetahui sedikit banyak cara dan teknik "blogging". Sementara itu kita tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak.

2.5     Manfaat Blog
Blog atau weblog dalam perkembangannya ternyata memiliki peran penting untuk meramaikan konten-konten yang dapat diakses pengguna online di dunia maya. Berbagai konten dapat share di dunia maya, sehingga siapa saja yang terhubung dengan internet, dapat mengakses dan mendownload: mengunduhnya dengan mudah dan gratis. Berikut ini beberapa manfaat blog:
1.      Berbagi tulisan, baik dalam bentuk cerita, pengalaman dan pengetahuan lainnya.
2.      Sarana untuk mempromosikan produk barang atau jasa. Dengan kata lain, blog bisa kita manfaatkan sebagai toko online.
3.      Dapat menghasilkan uang. Penghasilan tersebut bisa dijadikan sebagai penghasilan sampingan ataupun penghasilan tetap, jika benar-benar serius dalam mengembangkannya. Misalnya mengikuti PPC, bisnis Afiliate, dan lain sebagainya.
4.      Mengikuti kontes. Dewasa ini, berbagai kontes dan lomba, sudah menjamur, baik itu berupa kontes SEO, ataupun kontes review, sehingga memungkinkan para blogger berkesempatan untuk menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah.
5.      Sarana untuk berkreasi, misalnya suka menulis, edit foto, Fotografer, dll. Kita bisa share dan tunjukkan kepada dunia hasil karya kita.
6.      Menjadi media curhat. Di blog kita bisa bercerita apa saja yang ingin diceritakan. Tentunya sangat lebih bijak jika itu dapat memberikan dampak positif terhadap pembaca.
7.      Mencari teman. Dalam dunia blogger, kita tidak bisa hidup sendiri, tanpa blogger lainnya, sebagai blogger tentunya membutuhkan blogger lain untuk saling sharing, bertukar link, dll.
8.      Belajar untuk lebih baik. Biasanya sesama blogger akan saling berkomentar satu sama lain, sehingga kita bisa mengetahui kekurangan-kekurangan dalam konten yang kita share.
9.      Memotivasi diri untuk selalu memberikan yang terbaik kepada pembaca. Karena sebagai manusia, tentunya kita ingin dipuji dari yang terbaik yang bisa kita berikan kepada pembaca/orang lain. Selain itu Anda juga akan berusaha belajar banyak hal.
10.  Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain
11.  Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
12.  Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
13.  Berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb

2.6     Hubungan Blog Terhadap Penyebaran Agama Hindu
Telah dijelaskan diatas berbagai jenis blog yang digunakan untuk keperluan dan tujuan tertentu. Jenis blog yang digunakan sebagai penyebaran agama hindu adalah Blog Agama, dengan blog ini artikel yang diposting harus bermanfaat terutama bagi umat hindu dan isinya tidak menyimpang dari kebenaran ajaran Weda. Manfaat dibuatnya blog Agama sebagai penyebaran agama Hindu meliputi:
a.       Mempermudah umat hindu yang berada dikawasan jauh dari lembaga pendidikan agama bisa mengaksesnya melalui internet.
b.      Mendapatkan pengetahuan baru bagi pembaca tentang Weda yang diposting oleh sipenulis.
c.       Menjawab pertanyaan. Ketika umat Hindu ditanya oleh golongan non-Hindu dan ia tidak mempunyai referensi buku dari Weda, jalan satu-satunya pasti internet yang akan diakses olehnya.
d.      Tempat untuk melakukan tanya jawab mengenai apa yang belum dipahami dari isi blog yang diposting baik dalam satu agama maupun antar agama, seperti yang dilakukan oleh situs http://vedasastra.com dan http://parisadaHindu.org.
e.       Memperkenalkan ajaran Hindu yang sebenarnya kepada umat lain bahwa ajaran agama Hindu tidak seperti yang mereka pikirkan (berhala).
f.       Mempersatukan umat Hindu karena blog mencakup jangkaun yang sangat luas, baik pada tingkat nasional maupun internasioanal melalui forum diskusi keagamaan pada blog.
g.      Dengan memposting beberapa sloka beserta artinya pada blog seperti pada blog saya (Luh Yuniati: http://ney24.wordpress.com) pembaca yang sebelumnya belum mengetahui isi dari suatu kitab (karena tidak mempunyai kitab Weda) menjadi bisa memahami bahwa Hindu yang mereka kenal selama ini memiliki banyak sekali kitab suci Weda.












3.1     Kesimpulan

·        Blog atau Web log merupakan singkatan dari “Logging The Web”yang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.
·        Sejarah Blog berawal dari Blog pertama yang merupakan halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993
·        Blog mempunyai berbagai macam jenis, seperti blog agama yang digunakan sebagai posting artikel yang berkaitan dengan agama.
·        Fungsi blog meliputi media satu arah, dua arah dan berbagai arah, sebagai promosi jasa online, iklan dll.
·        Manfaat blog yaitu sebagai media share berbagi tulisan baik secara individu (pengalaman), khusus (seperti agama) maupun universal.
·        Blog sebagai media penyebaran agama hindu sangat efektif mngingat tidak semua umat Hindu mempunyai kitab suci Weda yang banyak jumlahnya.

3.2     Saran

·         Berhati-hatilah dalam membaca isi disuatu blog, karena ada beberapa blog yang mengatas namakan agama Hindu yang kemudian memposting beberapa artikel tentang Weda dengan mengubah arti Weda yang sebenarnya dengan maksud dan tujuan tertentu.
·         Cermatlah mengujungi situs-situs blog, karena banyak sekali iklan diblog yang memperlihatkan gambar dewasa yang tidak patut untuk dilihat.
·         Pergunakanlah blog untuk memposting artikel yang bermanfaat untuk pembaca, postinglah artikel dengan iklas anggap sebagai rasa bhakti kita kepada Tuhan dengan membagikan informasi yang benar seputar agama.

Anynomous. 2011. Makalah Pembuatan Blog (Online). http://bsi-12-1a-pontianak.blogspot.com. Diakses pada tanggal 23 Januari 2014
Cinta. 2009. Makalah Blog (Online). http://makalahblogkoe.blogspot.com. Diakses pada tanggal 23 Januari 2014
yanto. 2011. Pengertian dan Definisi Blog (Online). http://cara-buat-blog-di.blogspot.com. Diakses pada tanggal 23 Januari 2014
Anynomous. 2012. Mengetahui 10 Manfaat Blog (Online). http://sigodangpos.com. Diakses pada tanggal 23 Januari 2014
Anynomous. 2011. Fungsi Blog (Online). http://mcgoog.blogspot.com. Diakses pada tanggal 23 Januari 2014
Anynomous. 2014. Blog (Online) http://id.wikipedia.org. Diakses pada tanggal 23 Januari 2014



Share this article :

0 comments:

KALENDER BALI

Translate

 
Support : OM Santi-Santi-Santi OM by Blogger
Terbit Tahun © 2014. BALINUSE
TERIMA KASIH by All Right ON SUARA BALAM