Headlines News :
Home » » WOWW !! Budaya Hindu Kuno di Vietnam Ditemukan Kembali

WOWW !! Budaya Hindu Kuno di Vietnam Ditemukan Kembali

Written By balinuse on Thursday, May 14, 2015 | 11:45 PM

Secara resmi, Vietnam adalah Negara atheis, namun sejumlah kelompok masyarakat yang cukup besar mempraktekan agama-agama tradisional; sebagi memeluk Budha, dan ada sedikit memeluk katolik yang merupoakan peninggalan jaman penjajahan Prancis. Namun, terselip tidak jauh dari Hoi An, adalah My Son, situs peninggalan budaya Unesco, zman dahulu ini lokasi adalah peradaban Hindu Champa dan komplek kuil yang begitu agung yang dipersembahkan kepada betare Shiva dan betare  Vishnu.


Pada wawalnya, wilayah ini menjadi ibu kota agama dan politik kerajaan Champa, komplek ini dibangun sekitar abadke 3 dan ke 4 M, dan mengakar secara spiritual ke dalam Hindu Dharma. Terdiri dari 70 runtuhan kuil mencakup 57 hektar, situs ini ditemukan kembali dan direnovasi oleh Prancis di akhir tahun 1890, namun situs ini secara beruntun dibombardir selama perang Vietnam, ketika ditemukan menjadi tempat persembunyian bagi geriliawan Viet Chong.


Bagian dari situs ini secara bertahap dibangun kembali menggunakan batu merah tradisional yang berasal dari situs aslinya. My Son adalah contoh yang luar biasa dari budaya kuno- dan situs yang mewariskan peninggalan yang tertulis. Banyak prasasti dituliskan pada material yang mudah hancur, namun banyak prasasti dituliskan pada tiang-tiang batu atau pilar pada tulisan-tulisan prasasti ini telah menjadi sumber informasi berharga bagi para peneliti dan arkelogis.

Sumber artikel ini dari MEDIA HINDU, pada Jumat 15 Mey, 2015 jam 13.40 Wib.
Share this article :

0 comments:

KALENDER BALI

Translate

 
Support : OM Santi-Santi-Santi OM by Blogger
Terbit Tahun © 2014. BALINUSE
TERIMA KASIH by All Right ON SUARA BALAM