Tuesday, January 19, 2016

Contoh RPP Agama Hindu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Nama Sekolah             : SD N1 Balinuraga
Satuan Pendidikan       : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/semester             : IV/II (Genap)
Materi Pokok               : Sejarah Agama Hindu di Indonesia
Alokasi Waktu             : 240 Menit



A.  Kompetensi Inti (KI) :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1  Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu

1.1.1     Melestarikan salam agama Hindu dalam kehidupan sehari-hari;
1.1.2     Mempengaruhi teman yang tidak terbiasa mengucapkan salam umat
2
1.2  Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.1.1     Mengapresiasi secara tertulis toleransi terhadap sesama
2.1.2     Menjalankan toleransi di lingkungan keluarga
2.1.3     Menunjukkan sifat toleransi terhadap lingkungan sekitar
3
3.1 Memahami sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia.
3.2 Memamhami masa kejayaan agama Hindu di Indonesia.
3.3 Memahami penyebab runtuhnya agama Hindu di Indonesia.
3.1.1     Menjelaskan sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia.
3.1.2     Menjelaskan masa kejayaan agama Hindu di Indonesia.
3.1.3     Menyebutkan penyebab runtuhnya agama Hindu di Indonesia.
4
4.1 Menceritakan masa kejayaan dan penyebab runtuhnya agama Hindu di Indonesia

4.1.1     Menceritakan salah satu awal munculnya Hari Suci Agam Hindu.





C. Tujuan Pembelajaran
1)      Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan mampu; Mengetahui sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia, Mengetahui kejayaan agama Hindu di Indonesia, Memahami penyebab runtuhnya kerajaan agama Hindu di Indonesia.

D. Materi Pembelajaran 
1)      Sejarang perkembangan agama Hindu di Indonesia mulai abad ke I
2)      Kejayaan agama Hindu di Indonesia
3)      Keruntuhan agama Hindu di Indoensia

E. Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan            : Student Centerd
2.      Model        : Discovery Learning, Story Telling
3.      Metode      : Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab

F. Sumber Belajar
1)      Buku Teks siswa: Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pemerti Kelas IV
2)      Atlas

G. Media dan Alat Pembelajaran
1)      Media  : Poster/gambar,
2)      Alat      : Laptop
3)      Peta

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran          

A.     Pertemuan 1

1.      Pendahuluan(10 menit )
1)   Peserta didik bersama-sama mengucapkan salam panganjali “Om Swastyastu” dilanjutkan dengan doa belajar (saraswati puja)
2)   Menyampaikan tujuan pembelajaran
3)   Memberikan motivasi terkait pembelajaran

2.      Kegiatan inti (35 menit)

2.1 Mengamati
1)   Siswa membaca buku pelaran “Pendidian Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas IV”
2)   Sisiwa menyimak sisi dari buku tersebut.

2.2 Menanya
1)   Siswa menanyakan hal yang tidak dipahami  
2)   Guru bertanya terkait hasil bacaan yang diperoleh siswa


2.3 Mengeksperimen/mengeksplorasikan
1)   Mengajak siwa untuk berdiskusi terkait materi sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia.
2)   Mengajak siswa mencari pengetahuan tambahan melalui Atlas.

2.4  Mengasosiasi
1)      Melakukan diskusi dengan teman sebangkunya.

2.5  Mengkomunikasikan
1)      Siswa menyampaikan hasil diskusi dengan temannya.
2)      Sisiwa menyampaikan hasil rangkuman setelah mereka menyimak dari buku, dan penjelasan guru.

3.      Penutup (15 menit)
1)   Kesimpulan
ü  Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran tentang sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia.
ü  Peserta didik menyampaikan pendapat tentang proses kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan.
2)      Evaluasi
·         Guru menanyakan terkait materi yang sudah dijelaskan:
ü  Sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia.

3)      Penutup
·         Mengahiri pelajaran dengan doa “Om Sarwe Bhantu Sukinah, Sarwe Shantu Niramayah, Sarwe Bhadrani Pasyantu Makascit Dhuka Bhagawet, Om Santi, Santi, Santi Om“


B.     Pertemuan kedua

1.      Pendahuluan (10 menit )
1)      Peserta didik bersama-sama mengucapkan salam panganjali “Om Swastyastu” dilanjutkan dengan doa belajar (saraswati puja).
2)      Memberikan motivasi terkait pembelajaran.
3)      Apersepsi; Free test guru menanyakan materi pertemuan minggu lalu.
4)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan inti ( 35 Menit )
2.1 Mengamati
1)      Menyampaikan cerita tentang kejayaan agama Hindu di Indonesia.
2)      Siswa menyimak cerita yang disampaikan.
3)      Siswa mengamti peta yang sudah disiapkan.

2.2   Menanya
1)      Guru atau siswa bertanya terkait materi yang telah disampaikan.

2.3   Mengeksplorasi
1)      Siswa mengumpulkan gambar-gambar bukti kejayaan agama Hindu di Indonesia.
2)      Siswa mengumpulkan gambar-gambar bukti dari peninggalan-peninggalan dari kerajaan agama Hindu d Indonesia


2.4   Mengasosiasi
1)      Siswa menyimpulkan masa kejayaan agama Hindu di Indonesia.
2)      Siswa menyimpulkan seberapa banyak bukti peninggalan masa kejayaan agama Hindu di Indonesia.

2.5   Mengomunikasikan
1)      Siswa menyampaikan masa kejayaan agama Hindu di Indoensia
2)      Siswa menyebutkan bukti peninggalan perkembangan agama Hindu di Indonesia..

3.      Kegiatan Penutup (15 Menit)
1)      Kesimpulan
·         Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran tentang sejarah perkembangan agama Hindu di Bali
2)      Evaluasi
·         Guru menanyakan bagaimana masa kejayaan agama Hindu di Indoensia.
·         Guru meminta siswa menyebutkan peninggalan kerajaan agama Hindu di Bali
3)      Penutup
·         Mengakhiri pelajaran dengan doa “Om Sarwe Bhawantu Sukinah, Sarwe Shantu Niramayah, Sarwe Bhadrani Pasyantu, Makascit Dukha Bhagawet, Om Santi, Santi, Santi Om”

C.     Pertemuan Ketiga
1.      Pendahuluan
1)      Peserta didik bersama-sama mengucapkan salam penganjali “Om Swastyastu” dilanjutkan dengan doa belajar (Saraswati puja).
2)      Menyampaikan tujuan pembelajaran
3)      Memberikan motivasi terkait pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
2.1  Mengamati
1)      Siswa membaca buku pelajaran terkait materi penyebab runtuhnya agama Hindu di Indonesia.
2)      Siswa menyimak cerita penyebab runtuhnya agama Hindu di Indonesia

2.2  Menanya
1)      Siswa menanyakan materi yang tidak dipahami dari penyebab runtuhnya agama Hindu di Indonesia
2)      Siswa menanyakan proses runtuhnya agama Hindu di Indonesia

2.3  Mengeksplorasi
1)      Siswa mengumpulkan bukti penyebab runtuhnya agama Hindu di Indonesia
2)      Siswa mengumpulkan gambar-gambar runtuhnya agama Hindu di Indonesia
2.4  Mengasosiasi
1)      Siswa meganalisi penyebab runtuhnya agama Hindu di Indonesia

2.5  Mengkomunikasikan
1)      Siswa menyampaikan penyebab runtuhnya agama Hindu di Indonesia
2)      Siswa menceritakan bagaiman proses runtuhnya agama Hindu di Indonesia

3.      Kegiatan Penutup
1)      Kesimpulan
·         Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran tentang sejarah perkembangan agama Hindu di Bali

2)      Evaluasi
·         Guru memberikan post test terkait materi yang sudah disampaikan dari pertemuan pertama hingga terkahir.
3)      Penutuup
·         Mengakhiri pelajaran dengan doa “Om Sarwa Bhawantu Sukinah, Sarwe Shantu Niramayah, Sarwe Bhadrani Pasyantu, Makascit Dukha Bhagawet, Om Santi, Santi, Santi Om”































I.    Penilaian
1.      Sikap spiritual
a. Melaksanakan doa, Puja Trisandya, sebelum belajar.
b. Menghargai teman yang selalu mengucapkan salam Panganjali dengan cara menjawab salam dari teman;
c. Mempengaruhi, mengajak teman untuk mengucapkan salam agama dan melakukan doa sebelum mulai belajar.

            Teknik Penilaian: Observasi
            Bentuk Instrumen: Lembar observasi

No
Nama
A
B
C
D
Total Nilai

Mengucapkan salam agama
 Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
1

4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

2


















3


















Keterangan:
Berilah tanda √
4: Selalu
3: Sering
2: Kadang-kadang
1: Tidak pernah

Nilai = jumlah skor : 4

2.      Sikap sosial
            Teknik Penilaian: Penilaian sejawat (antar teman)
            Bentuk Instrumen: Rating skill
            Kisi-kisi:



Nama
Sikap/nilai
Jumlah skor
Setia/jujur terhadap pikiran
Setia/jujur,  kata-kata
Setai/ jujur terhadap   perbuatan
Tanggungjawab

1-4
1-4
1-4
1-4

1






2






3






4






Nilai  =  jumlah skor : 4


3.      Pengetahuan

No.
Indikator
Butir Instrumen
Contoh Instrumen
1.
Menguraikan perkembangan agama Hindu di Indonesia
Tes tulis
Uraian
1.      Jelaskan perkembangan agama Hindu di Indonesia?
2.
Menyebutkan peningggalan kerajaan agama Hindu
Tes tulis
Uraian
2.      Sebutkan peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu!
3.
Menyebutkan penyebab runtuhnya kerajaan agama Hindu
Tes tulis
Uraian
3.      Sebutkan penyebab keruntuhan kerjaaan agama Hindu!


4.      Keterampilan

No.
Keterampilan
Teknik
Contoh Instrumen
Instrumen
1.
Menjelaskan sejarah perkembangan agama Hindu

Penugasan Kelompok
Menjelaskan sejarah agama Hindu di Indonesia
Terlampir
2.
Menceritakan perkembangan agama Hindu
Tugas Individu
Menceritakan bagaimana perkembangan agama Hindu di Indonesia
Terlampir

Instrumen: Penilaian Ketrampilan
Lampiran Unjuk kerja
No
Nama Siswa
Kerjasama
1- 4
Relevansi
1 -4
Percaya diri
1 -4
Tanggung jawab
Jumlah skor 
1






2






3






4






5









                                                                                                                        Jakarta, 10 Mei 2015

Mengetahui         

Kepala Pasraman                                                                                             Guru Mata Pelajaran






Duwijo, S.Pd.H                                                                                                      Wayan Tarna, S. Pd
________________________                                                                              ____________________

NIP : 1965.1227.200501.1.002                                                                            NIM : 1209.00.0993

No comments:

Post a Comment